Open Talk Teknik Pertambangan Universitas Jember Semester Genap TA 2020/2021: Jembatan Aspirasi Bersama Mahasiswa dan Dosen

(11/02/2021) Hari ini mahasiswa Teknik Pertambangan memiliki kesempatan untuk menyampaikan seluruh aspirasinya kepada Dosen Teknik pertambangan sekaligus mengenal beliau lebih dekat lagi. Opentalk kali ini lebih istimewa dari opentalk yang diadakan sebelumnya dikarenakan pada opentalk ini pertama kali dihadiri oleh mahasiswa baru Teknik Pertambangan angkatan kedua. Pembicara utama kita adalah Bapak Haeruddin, S.Si., M.T. dengan pokok bahasan mengenai kurikulum dan dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Bapak Ir. Fanteri Aji Dharma Soeparno, S.T., M.S., IPM dengan pokok bahasan mengenai akreditasi.

Open talk tambang 2021 merupakan salah satu program kerja tahunan dari HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil) Universitas Jember yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Open talk ini dihadiri oleh Dosen Teknik Pertambangan Universitas Jember, Mahasiswa Teknik Pertambangan tahun 2019 dan Mahasiswa Teknik Pertambangan tahun 2020 yang sangat luar biasa. Namun sayangnya pada kesempatan ini Bapak Kaprodi kita, Bapak Ir. Januar Fery Irawan, S.T., M.Eng. belum bisa bergabung ditengah-tengah kita dikarenakan sedang sakit. Tidak menyurutkan semangat kita untuk membangun masa depan yang gemilang Bapak Haeruddin, S.Si., M.T., Bapak Ir. Fanteri Aji Dharma Soeparno, S.T., M.S., IPM, Bapak Nur Faizin, S.Si., M.Si., serta Ibu Siti Aminah, S.Si., M.T. yang ikut bergabung pada waktu itu kembali membangkitkan semangat untuk terus berjuang, terus belajar demi gapai mimpi di dunia pertambangan.

Dalam acara yang berdurasi sekitar 2 jam 30 menit ini mahasiswa mengungkapkan keluh kesahnya terkait dengan perkuliahan, termasuk kendala pada tugas yang diberikan maupun jaringan internet yang kurang memadai yang sering dialami oleh setiap mahasiswa serta permasalahan kegiatan ospek yang sedang dijalani oleh mahasiswa baru.

Open talk ini disambut antusias oleh para peserta, karena aspirasi mereka sangat bermanfaat untuk kemajuan jurusan hingga rencana program akreditasi. Seperti pada saat pembahasan mengenai permasalahan akademik, banyak mahasiswa dari berbagai angkatan mengungkapkan permasalahannya dan kemudian mencari solusi terbaiknya.

Acara ini dibuka oleh bapak Haeruddin, S.Si., M.T. selaku Dosen Teknik Pertambangan Universitas Jember sekaligus pemaparan materi, beliau menjelaskan tentang persiapan mahasiswa teknik pertambangan dalam menghadapi perkuliahan semester depan secara online. Melalui slide presentasinya, beliau memaparkan terdapat beberapa program rancangan perkuliahan terkait program sarjana yang dapat ditempuh selama 4 hingga 7 tahun dengan total SKS maksimal 144 SKS. Selain itu, IPS juga menentukan SKS selanjutnya yang akan di program. Beliau menjelaskan bahwa PP merupakan efisiensi pembelajaran mahasiswa yang dapat diartikan jumlah SKS nilai sekurang-kurangnya (c) atau jumlah SKS semua mata kuliah yang di program. Untuk ketentuan mengikuti UAS, masing-masing mahasiswa harus memenuhi presentase kehadiran 75% atau minimal 15 tatap muka.

Bapak Fanteri Aji juga mengungkapkan bahwa open talk ini dinilai ampuh dalam menjawab keinginan mahasiswa. “Ketika akan menaikkan akreditasi, banyak permasalahan yang dihadapi jurusan kami seperti kurangnya fasilitas, namun dengan open talk ini kami mampu menyelesaikan masalah ini dengan baik.” tuturnya.

Open talk ini juga diramaikan oleh berbagai pertanyaan dan masukan dari mahasiswa. Salah satunya dari Diajeng mahasiswa teknik pertambangan tahun 2020 yang mengungkapkan sebuah curhatan yang sudah seperti curahan tahunan. Karena di tahun 2019 kita sebagai angkatan pertama pun juga merasakannya.

” Bapak/Ibu.. terkadang jantung kami terasa dag dig dug saat di panggil satu per satu untuk menjawab soal” Ya… itulah yang membedakan kita dari yang lain.. setiap perkuliahan.. khususnya saat hitung hitungan kita diacak satu satu untuk menjawab soal tersebut.. seru rasanya.. karena saat itu tiba.. chat grup mulai rame :))) ya.. itulah perkuliahan ada suka duka nya… tapi percayalah.. apa yang diberikan oleh bapak/ibu dosen itu pasti yang terbaik untuk kita” ungkapnya.

Di penghujung acara opentalk, mengucapkan syukur Alhamdulillah karena banyak sekali manfaat yang kita dapat dalam kegiatan kali ini. Kedepannya diharapkan kita bisa saling bahu membahu untuk kemajuan bersama di program studi Teknik Pertambangan.

 

Diberitakan oleh: WInda Aprilia dan Lilik Ismawati (Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *