Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Sebagai Wujud Implementasi MBKM

Jember, 27 April 2021 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meluncurkan program baru bernama Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang merupakan salah satu wujud kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 sks. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi perguruan tinggi untuk menawarkan mata kuliah keunggulan PT dan menumbuhkan rasa cinta NKRI serta toleransi kebangsaan para mahasiswa.

Universitas Jember selaku lembaga perguruan tinggi merespon dengan baik program ini, sehingga Wakil Rektor I, Prof. Drs. Slamin, M.Comps., Sc., Ph.D, menyampaikan kepada setiap fakultas tentang pendaftaran mata kuliah dan dosen yang akan dilibatkan dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program tersebut direncanakan akan terlaksana pada Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022. Atas arahan tersebut, Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Jember melakukan koordinasi antar dosen dan pimpinan untuk mempersiapkan mata kuliah dan perangkat pembelajaran yang diperlukan.

Berdasarkan buku panduan Pertukaran Mahasiwa Merdeka, nantinya mahasiswa dapat mengambil keseluruhan 20 SKS dari mata kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi penerima. Atau, mahasiswa dapat mengkombinasikan mata kuliah yang ditawarkan perguruan tinggi penerima (paling sedikit 10 sks) dengan mata kuliah dari perguruan tinggi lain (dilakukan secara daring). Program ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa semester tiga sampai semester delapan.

Menariknya lagi, program ini tidak tidak hanya memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi lain, tetapi mahasiswa dapat mengeksplorasi keragaman kebudayaan Indonesia melalui pembelajaran Modul Nusantara. Modul Nusantara yang ditawarkan dalam program ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan; kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing Modul Nusantara dan dibantu oleh mentor. Adapun mentor ini adalah mahasiswa yang ditugaskan sebagai liaison officer oleh pimpinan perguruan tinggi, mendampingi pembimbing dalam pelaksanaan kegiatan Modul Nusantara dan kegiatan non-akademik lainnya.

Sampai saat ini (27/4), program ini masih dalam tahan pendaftaran perguruan tinggi dan dosen dalam MBKM. Sedangkan peluncuran pendaftaran mahasiswa pada bulan Juli 2021. Adapun seleksi dan penetapan peserta berlangsung antara Juli s/d Agustus 2021. Pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mulai Agustus 2021 s/d Januari 2022 (disesuaikan dengan kalender akademik masing-masing perguruan tinggi).

Adapun info selengkapnya mengenai program ini dapat diperoleh melalui tautan berikut: Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *