Sarana Prasarana

Sarana dan Prasarana yang Mendukung Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Jember

Ruang Baca Fakultas Teknik

Ruang Baca Fakultas Teknik disediakan bagi pengunjung untuk membaca berbagai referensi seperti buku, jurnal, skripsi, dll. Selain itu, ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang diskusi antar mahasiswa. Ruang baca berbeda dengan perpustkaan dimana perpustakaan digunakan untuk referensi yang luas,, sedangkan ruang baca hanya tertuju pada satu bidang yang ada di Fakultas Teknik.

Kondisi yang sunyi membuat betah mahasiswa untuk membaca di ruangan tersebut, biasanya kegiatan mahasiswa di ruang baca untuk mengerjakan tugas, diskusi dan juga mencari referensi. Buku yang ada di ruang baca juga dapat di pinjam oleh mahasiswa.

Fasilitas diruang baca juga dapat sangat nyaman dan lengkap. disana juga disediakan komputer printer dan juga di lengkapi AC, selain itu petugas di ruang baca ramah dan juga baik membuat pengunjung menjadi betah saat berada di dalam ruangan.

Perpustakaan Universitas Jember

C360_2014-08-24-11-06-12-805

UPT Perpustakaan UNEJ dalam kegiatannya membantu lembaga induk nya yakni Universitas Jember untuk   menunjang pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi dan berfungsi sebagai pusat pengumpulan, pengolahan, pemanfaatan, pelestarian, dan penyebaran informasi. Selain itu juga, perpustakaan memiliki fungsi sebagai tempat belajar dan sarana edukatif rekreatif.

Kegiatan UPT Perpustakaan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi melalui penyediaan layanan bahan pustaka yang berkualitas. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penerapan SMM berbasis ISO 9001:2008 dan berhasil menerima sertifikat ISO dari MALQA-KAN pada tanggal 10 Nopember 2009. Sebagai salah satu unit yang melayani kebutuhan sivitas akademika UNEJ, UPT Perpustakaan memiliki komponen pokok dan penunjang. Komponen pokok UPT Perpustakaan terdiri atas sumber daya manusia, koleksi, dan sarana dan prasarana. Komponen penunjang kegiatan pelayanan UPT Perpustakaan UNEJ menggunakan layanan berbasis IT, selain itu UPT Perpustakaan UNEJ mengembangkan Digital Library sebagai sarana penyebaran produk ilmiah UNEJ, penyediaan layanan wireless zone sebagai sarana akses internet.

Gedung PKM Fakultas Teknik

Gedung PKM ini diresmikan pada Tanggal 17 Februari 2017 oleh Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Ph.D. selaku rektor Universitas Jember. Seluruh civitas akademik dapat menggunakan sarana gedung PKM ini sebagai gedung UKM, pertemuan dan kegiatan mahasiswa serta kantin.

Di lantai dua, terdapat kesekretariatan UKM, HMJ, dan BEM Fakultas Teknik Universitas Jember. Kesekretariatan yang didesain nyaman dan dilengkapi dinding kaca dengan pemandangan yang indah pada setiap sekret menambah kenyamanan bagi mahasiswa ketika berada di dalam ruang sekret.

Keunikan lainnya ada pada lantai tiga gedung PKM Fakultas Teknik Universitas Jember, dimana tempat ini adalah tempat berkumpulnya mahasiswa dengan berbagai macam kegiatan.  Pemandangan yang indah dari ketinggian membuat mahasiswa nyaman untuk berdiskusi di lantai tiga atau yang sering dikatakan rooftop ini. Harapan dengan diresmikannya gedung baru ini agar mahasiswa fakultas teknik dapat meningkatkan prestasi yang menunjang kemajuan fakultas pada khususnya dan universitas pada umumnya.

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishGermanRussian