Sejarah Singkat

Sejarah Berdirinya Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Jember

 

Universitas Jember merupakan penyelenggara pendidikan akademik dan pendidikan professional berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 183/O/2002 tanggal 21 Oktober 2002. Visi Universitas Jember (UNEJ) adalah “menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial”. Untuk mewujudkan visi tersebut, UNEJ memiliki 4 misi yaitu: (1) menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi yang berkualitas,berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial serta bereputasi internasional; (2) menghasilkan dan mengembangkan sains, teknologi dan seni melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif, inovatif, dan bernilai; (3) mengembangkan sistem pengelolaan universitas yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi; dan (4) mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas institusi. Visi dan misi Universitas Jember tertuang dalam Renstra UNEJ 2016-2020. Salah satu langkah untuk mengembangkan institusi di bidang energi sumber daya mineral yaitu dengan melakukan penelitian serta mendirikan program studi baru Teknik Pertambangan.

Pembukaan program studi baru perlu dilakukan beberapa tahapan, meliputi persiapan, perencanaan program studi baru, penjadwalan, penyiapan daya dukung sumber daya manusia dan sarana, prasarana. Pada tahap persiapan, institusi menetapkan 5 (lima) program studi baru untuk dikembangkan dengan memperhatikan dan mengacu pada amanat yang tertuang dalam Renstra UNEJ 2011-2015 khususnya Program Utama yang pertama yaitu Pengembangan Kelembagaan dan Kapasitas Penyelenggaraan Pendidikan yang diperkuat Renstra UNEJ 2016-2020 melalui program dalam bidang organisasi tata kelola yaitu pengembangan kelembagaan dalam bentuk penambahan jumlah fakultas dan program studi baru. Untuk menindaklanjuti amanat Renstra UNEJ 2016-2020 tentang pendirian program studi baru, maka Rapat Senat Universitas Jember pada tanggal 11 Januari 2017 merekomendasikan pembukaan program studi baru yaitu Program Studi Teknik Pertambangan sebagaimana yang tertuang dalam Surat Rekomendasi Senat Perguruan Tinggi.

Pada Tanggal 15 Maret 2017, untuk pertama kalinya Universitas Jember mengirim proposal pendirian Program Studi Teknik Pertambangan kepada Kementerian, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kemudian pada Tanggal 27 November 2018, Universitas Jember mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 1059/KPT/I/2018 Tentang Pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan Program Sarjana Pada Universitas Jember, di Kabupaten Jember.