Mine Care-HIMATA UNEJ Tebar Kebaikan Selenggarakan KURMA di LKSA Al-Amin, Wuluhan Jember

Jember, 26 Arpril 2022Mine Care merupakan program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat dari Divisi Eksternal HIMATA UNEJ periode 2021/2022 yang diadakan sebagai wujud kepedulian yaitu dengan membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Pada bulan Ramadhan tahun ini, HIMATA UNEJ menyelenggarakan Mine Care dengan Topik “KURMA”. Apa itu KURMA? KURMA ialah singkatan dari “Kuatkan Tali Silahturrahmi Mari Berbagi Sesama”. Kegiatan Mine Care dilakukan dengan memberikan donasi dan berbuka bersama dengan warga LKSA Al-Iman, Wuluhan, Jember. Persiapan panitia sebelum kegiatan ini berlangsung yaitu penyusunan Rundown, pembuatan banner dan konsumsi, penyiapan perlengkapan, serta penggalangan dana secara online. Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Utama HIMATA UNEJ yatu angkatan 19 dan angkatan 20.

“Apa arti ijazah bertumpuk, jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk?” – Najwa Shihab.

Rangkaian Kegiatan KURMA-Mine Care

Rangkaian kegiatan KURMA yang dilakukan yaitu pembukaan, dipandu oleh Ilham dan Diajeng sebagai MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh santriwati LKSA Al-Amin, sambutan ketua pelaksana (Reza Dyna Daniar), sambutan ketua HIMATA UNEJ (Habib Nur Falani), dan sambutan dari Bapak Setyohadi selaku pengasuh LKSA Al-Amin.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu yaitu Game. Game yang telah disiapkan yaitu estafet. Pertama yaitu memasukkan paku ke dalam botol, dilanjutkan balap karung, dan yang terakhir Ebolaga. Terdapat enam kelompok yang saling menjadi rival. Game berjalan dengan sengit. Semua kelompok berlomba untuk mendapatkan juara utama. Butuh kefokusan saat memasukkan paku ke dalam botol, butuh kecepatan saat balap karung, dan butuh imajinasi saat bermain Ebolaga. Game paling seru yaitu Ebolaga. Ketentuan game yaitu terdiri dari dua orang pemain, yaitu satu orang bertugas memeragakan dan satu orang bertugas untuk menebak. Ada kelompok yang cepat berhasil dan ada juga yang tebakannya meleset. Meskipun game ini sangat singkat dan hanya sementara, tetapi kebahagiaan setiap momen tetap terkenang selamanya.

Kegiatan setelah game yaitu buka bersama lalu ditutup dengan penyerahan donasi dan hadiah kepada para pemenang game. Panitia tidak hanya memberi reward kepada pemenang juara 1, 2, dan 3 tetapi juga kepada kategori kelompok terdiam, tersantuy, dan terheboh. Kegiatan Mine Care sangat sederhana, tetapi kesederhanaan itu mengajarkan banyak hal kepada anggota utama HIMATA, bahwa betapa bahagianya mereka bisa berkumpul langsung bersama dengan adik-adik dan bercanda tawa. Dari kegiatan tersebut mengajarkan bahwa berbagi bulan seberapa besar dan banyak tetapi seberapa tulus dan ikhlas.

Membantu sesama makhluk yang membutuhkan merupakan suatu perbuatan yang terpuji. Adapun dalam Al-Quran yang artinya “Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya.” (Q.S. Az-Zalzalah:7).

“Berbagi adalah suatu kewajiban untuk semua manusia, adanya Mine Care mengajarkan saya tentang arti berbagi kepada teman-teman yang membutuhkan dan kebersamaan bersama adik-adik dalam berbagi kebahagiaan”- Alan, mahasiswa Teknik Pertambangan 20.

Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Amiin Yarabbal alamiin.

 

#MineCare
#HIMATAUNEJ2022
#SalamMembaraTambangJuara

Diberitakan oleh: Diajeng Arum Kusuma (Mahasiswa Teknik Pertambangan 2020)

Posted on: April 26, 2022, by :