Open Talk Prodi Teknik Pertambangan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022

Jember, 22 Februari 2022 – Keluarga besar Program Studi Teknik Pertambangan mengikuti acara open talk yang diselenggarakan secara rutin di awal semester. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menjaga keeratan kekeluargaan di Prodi Teknik Pertambangan. Open talk Teknik Pertambangan Semester Genap T.A. 2021/2022 merupakan salah satu program kerja tahunan dari HIMATA (Himpunan Mahasiswa Tambang) Universitas Jember yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 17 dan 18 Februari 2022 secara virtual melalui Zoom Meetings. Open talk ini dihadiri oleh Dosen Teknik Pertambangan Universitas Jember, Mahasiswa Teknik Pertambangan tahun 2019, tahun 2020 dan 2021 yang sangat luar biasa. Selain menjadi jembatan aspirasi mahasiswa, acara ini dimaksudkan juga untuk menyampaikan beberapa informasi penting terkait penyelenggaraan perkuliahan di Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Persiapan yang dilakukan oleh HIMATA demi kelancara kegiatan ini yaitu: pemilihan panitia, perencanaan acara (Rundown), pembuatan dan penyebaran surat undangan, persiapan link zoom, persiapan atau breafing panitia.

Topik yang diangkat pada acara open talk hari pertama adalah evaluasi pembelajaran semester yang telah dilakukan sebelumnya dan pembahasan seputar kerja praktik beserta tugas akhir. Topik yang diangkat pada acara open talk hari kedua adalah evaluasi pembelajaran semester sebelumnya dan materi yang berkaitan dengan program merdeka belajar kampus merdeka (MBMKM Kemendikbudristek). Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Diajeng (mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan angkatan 2020). Acara kemudian dilanjutkan sambutan Kaprodi Teknik Pertambangan, penyampaian materi dan diskusi, serta penyapaian aspirasi kemudian dilanjutkan dengan penutupan. Narasumber yang terlibat yaitu Haeruddin, S.Si., M.T., Ir. Fanteri Aji Dharma Suparno, S, S.T., M.S., Siti Aminah, S.Si., M.T. dan mahasiswa yang mengikuti MBKM yaitu Sapna Rizqi Febriani.

Kegiatan ini diadakan setiap awal semester baru sebagai sarana sharing mahasiswa dengan dosen Teknik Pertambangan Universitas Jember yang mencakup tanya jawab mengenai perkuliahan dan atau program studi Teknik Pertambangan Universitas Jember. Kegiatan Open Talk ini dikemas dalam beberapa bentuk yaitu :

  • Kegiatan di hari pertama mengenai pemaparan materi kurikulum semester, pembahasan magang, kerja praktik, dan tugas akhir.
  • Kegiatan di hari kedua mengenai pemaparan materi kurikulum semester, pengenalan program MBKM, dan pembahasan mekanisme kuliah luring.

Persiapan ini sangat diperlukan untuk mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Jember, dikarenakan acara ini akan sangat bermanfaat bagi proses belajar dan mengajar hingga semester berikutnya, dan mahasiswa dapat menambah informasi mengenai program kampus merdeka.

Setelah kegiatan berlangsung, semester ini yang sedang berlanjut sudah mengalami kemajuan, baik dari pihak peserta dan dosen, yang memberikan materi. Saat ini mahasiswa telah jauh menjadi lebih aktif. Mengenai program merdeka belajar, mahasiswa yang berasal dari angkatan 2020 dan 2021 memiliki wawasan yang lebih, sehingga diharapkan disemester ke lima dapat menambah jumlah kuota dari program tersebut.

Posted on: February 22, 2022, by :