JEMBER, 14 Juni 2019. Assesmen merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Setiap pembelajaran yang dilaksanakan, harus disertai dengan hasil asesmen untuk mengetahui output dan hasil dari pembelajaran tersebut serta menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaran pembelajaran di masa mendatang. Tentunya untuk hasil pembelajaran harus didasari pada prinsip-prinsip asesmen yang baik.
Untuk itu, Fakultas Teknik Universitas Jember menyelenggarakan workshop dengan tema Prinsip-prinsip Asesmen yang Baik untuk Proses Pembelajaran, dengan narasumber dr. Cholis Abrori, M.Kes., M.Pd.Ked. (Tim Pengembangan Uji Kompetensi Dikti). Adapun seluruh dosen di Fakultas Teknik diundang dalam acara ini, termasuk dosen-dosen Program Studi Teknik Pertambangan.
Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB, dengan pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember. Dekan menekankan pentingnya penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan semua dosen dapat melaksanakan kegiatan asesmen yang setelah mendapatkan ilmu dari pada kesempatan ini. Tidak lupa juga beliau berharap kegiatan semacam ini berlangsung secara berkelanjutan baik di level fakultas maupun program studi.
Acara selanjutnya, pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber yang diawali dengan definisi asesmen. Kemudian dilanjutkan dengan kriteria penilaian terhadap mahasiswa. “prinsip penilaian harus memperhatikan beberapa hal yaitu: valid, reliable, objective, accountable, acceptable, economic, dan student learning impact”, jelasnya. Tidak lupa juga narasumber menjelaskan tentang tujuan asesmen, jenis-jenis asesmen, dan tipe asesmen, dan instrumen asesmen dalam matriks penilaian akreditasi. Beliau menekankan pentingnya arsip dokumen dalam kegiatan penilaian, seperti dokumen soal dan rubrik penilaian.
Di samping itu, beliau juga menceritakan tentang prinsip asesmen yang diselenggarakan di tempatnya mengajar, Fakultas Kedokteran Universitas Jember. kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta workshop dan selesai pada pukul 11.30 WIB.