Membanggakan, Tiga Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Meraih Juara dalam Ajang POMPROV JATIM 2022

Jember, 29 Maret 2022 – Kabar gembira datang dari salah satu mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan yang mengikuti lomba dalam ajang Pekan Olah Raga Mahasiswa Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur tahun 2022. Event ini diselenggarakan di Universitas Negeri Malang pada bulan maret lalu. Pada kesempatan ini, tiga mahasiswa Teknik Pertambangan yang mewakili Universitas Jember menyabet medali emas untuk kategori taekwondo, medali perak kategori renang, dan medali perunggu untuk futsal putri.

Zainuddin (peraih medali emas Taekwondo)

Lomba Kejurprov Taekwondo diselenggarakan Ketua Pengcab Taekwondo Probolinggo bekerjasama dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Yang terlibat adalah atlet Taekwondo se-JATIM yang dibagi dari beberapa kelas umum yakni Pra kadet usia dini, kadet, junior dan senior untuk pria dan wanita. Lomba ini bertajuk Taekwondo Kyorugi Festival.

Sangat seru dan menyenangkan tapi juga ada capeknya. Yang dipersiapkan sebelum mengikuti lomba tentunya kita melakukan Training Center kurang lebih 1,5 bulan untuk persiapan. Pesan saya untuk mahasiswa, Terus kembangkan bakat yang kalian punya dan jangan sampai menyerah sampai mendapatkan apa yang kalian inginkan

Amirullah Nur (perah medali perak cabang Renang)

Lomba POMPROV JATIM 2022 yang dilaksanakan oleh BAPOMI Jatim di kolam renang Universitas Negeri malang (UM) tanggal 23-24 maret 2022. Untuk perwakilan Universitas Jember dari cabang olahraga renang, saya sendiri dengan pembina pak jarkasi. Lomba renang putra di nomor 50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada, 200 meter gaya dada. Tahapan untuk bisa mewakili cabor renang di tingkat universitas tidak ada seleksi tapi hanya dengan mengirimkan bukti portofolio saja karena dari universitas jember hanya saya sendiri yang mengajukan lomba renang, saat lomba renang tidak ada babak penyisihan, jadi lombanya langsung final dengan diambil catatan waktu terbaik dari tiap atlet renang.

Sebelum mengikuti lomba banyak teman-teman ataupun dosen kemahasiswaan universitas yang tidak percaya kalau saya adalah atlet renang. Mereka mengira saya hanya bisa renang dan bukan atlet renang. Tapi saat sudah mengikuti lomba tentunya sangat bangga karena bisa membawa medali perak di cabang olahraga renang di nomor 200 meter gaya dada dan terlebih lagi ini menjadi lomba pertama yang diikuti universitas jember di cabang olahraga renang dan menjadi satu-satunya atlet renang dari perwakilan universitas jember dan langsung mendapatkan medali perak

“Saya hanya memiliki waktu latihan selama satu bulan dengan waktu latihan selama tiap hari dengan waktu yang tidak menentu karena masih ada banyak mata kuliah yang di tempuh, saya juga meminta program latihan dari pelatih saya yang ada di tuban, tapi saat latihan di jember ini saya masih kurang maksimal dalam latihan karena tidak adanya pelatih yang memantau saat di kolam renang, dan untuk alat-alat latihan renang saya meminta ibuk saya mengirim paket alat renang saya yang ada di tuban”

Saya mendapatkan info lomba dari zain, karena saat itu zain juga mengikuti seleksi pomprov di cabor taekwondo lalu zain mengabari saya kalau di pomprov ada cabor renang, tentunya saya harus mengurus berkas-berkas ini sendiri, karena tidak adanya UKM renang di universitas jember dan tidak ada teman atlet renang di universitas jember.

“Teruslah berusaha dan kembangkan kelebihanmu walaupun orang lain tidak percaya dengan kemampuanmu dan selalu meremehkanmu, karena hanya dirimu sendiri yang bisa menentukan masa depanmu dan tidak ada yang bisa merentas mimpimu”, pungkasnya.

Sari Rahmawati (peraih medali perunggu cabang Futsal Putri)

Lomba ini tepatnya dilaksanakan oleh BAPOMI JATIM (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Pengprov Jawa Timur). Berlokasi di Gor SM Futsal pada tanggal 21-26 Maret 2022. Untuk perwakilan Universitas Jember dari cabang olahraga futsal diambil 14 orang pemain dari fakultas yang berbeda dengan Pelatih Mas Harist dan Pembina Pak Gik. Dari Fakutas Teknik, Prodi Teknik Pertambangan yaitu Sari Rahmawati. Tahapan awal yaitu seleksi dari Universitas, kemudian dilakukan TC dan sparing, yang selanjutnya pada saat pelaksanaan lomba diikuti oleh 10 tim Universitas yang dijadikan 2 grup untuk babak penyisihan. Satu grup diisi oleh 5 tim Universitas kemudian diambil juara grup dan runner up grup untuk melaju ke babak semifinal. Informasi mengenai lomba ini diperoleh Sari dari UKMO Futsal dan Sepakbola Pusat yang membuka pendaftaran seleksi terbuka guna mengikuti lomba tersebut.

Sangat senang mendapatkan keluarga baru, pengalaman baru, bisa merasakan bagaimana euphoria pertandingan yang belum pernah saya rasakan sebelumnya dan juga sangat senang bisa membawa nama Universitas Jember mendapatkan medali perunggu. Yang dipersiapkan adalah kesehatan fisik, mental dan doa. Waktu latihan kurang dari 3 mingggu dari satu bulan, dimana pada minggu pertama dilakukan seleksi kemudian di 3 minggu akhir dilakukan TC (Training Center) yaitu pemusatan latihan. Dari program TC tersebut juga dilakukan persahabatan untuk menunjang performa seluruh pemain. Saya pesan kepada mahasiswa lain untuk terus mencoba walaupun tidak tau nanti hasil akhirnya bagaimana, setidaknya kita tidak menyesal karena tidak pernah mencoba.

 

 

Posted on: March 29, 2022, by :