HIMATA Gelar Webinar Tentang Kesiapan Kerja Praktik dan Keprofesian Mahasiswa

Jember 21 April 2022 – Webinar KP dan Keprofesian merupakan salah satu program dari Departemen Akaprof (Akademik dan Keprofesian) yang berada di bawah Bidang Internal Himpunan Mahasiswa Tambang (HIMATA) UNEJ yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, mendapatkan informasi, dan gambaran mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan angkatan 2019 dan 2020 mengenai kerja praktik dan keprofesian dalam dunia pertambangan. Persiapan yang dilakukan oleh HIMATA demi kelancaran kegiatan ini yaitu: pemilihan panitia, perencanaan acara (Rundown), pembuatan dan penyebaran surat undangan, persiapan link zoom, breafing panitia. Webinar kali ini mengusung tema “Prepare Yourself, Find Your Passion, and Achieve Your Dreem Career”. Konsep acara webinar dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2022.  Pemateri webinar adalah seorang Underground Blasting Engineer muda dari PT. Orica Mining Services-Freeport, Indonesia yaitu Ryan Yoga Pratama, S.T. Kegiatan webinar diawali dengan pembukaan yang dimoderatori oleh Diajeng (mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan angkatan 2020). Acara selanjutnya yaitu sambutan Ketua HIMATA (Habib Nur Falani), Kaprodi Teknik Pertambangan (Ir. Januar Fery Irawan, S.T., M.Eng.), penyampaian materi dan diskusi, serta kuis kemudian dilanjutkan dengan penutupan.

Sharing Pengalaman PT. Berau Coal dan PT. Orica Mining Services

Bang Ryan sapaan akrab pemateri webinar kali ini, menyampaikan materi terkait pengalaman bekerja di dua perusahaan pertambangan. Pada tahun 2018-2020 Bang Ryan bekerja di PT. Berau Coal. Bang Ryan memberikan informasi mengenai pembagian divisi pekerjaan untuk lulusan pertambangan yaitu, sebagai Health, Safety, and Environmental, Mine Planning, Mine Operations, Contractor Management, dan Geologi Departement. Pada tahun 2020 hingga sekarang Bang Ryan bekerja di PT. Orica Mining Services. Divisi yang tersedia untuk lulusan Teknik Pertambangan yaitu, sebagai Operation Team, Technical Services, Safety, dan PPIS (Product Process Implementation Support). Tidak hanya itu, tetapi juga dijelaskan peranan bahwa seorang Underground Blasting Engineer juga harus mempunyai inisiatif dan dukungan untuk penjualan produk dan layanan ORICA, merancang blasting, serta menyediakan komunikasi yang efektif dan efisien.

“It’s not what you achive, it’s what you overcome. That’s what defines your career.” – Carlton Fisk

Langkah-Langkah Recruitment dan Tips Memulai Karir

Pada webinar yang dilaksanakan kemarin, Bang Ryan menyampaikan mengenai gambaran langkah-langkah recruitment berdasarkan pengalamannya yaitu, pengajuan CV, Psikotes, FGD (Focus Group Discussion), wawancara dengan HR, wawancara dengan User, Medical Test, dan surat penawaran. Sebagai seorang mahasiswa, kini saat yang tepat untuk mengembangkan dan memulai karir. Apa saja tipsnya? Berikut tips yang diberikan oleh Bang Ryan untuk memulai karirmu:

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa
  • Meningkatkan kemampuan analisis data
  • Berlatih membuat dan menyampaikan presentasi yang menarik dan informatif
  • Mengambil sertifikasi yang sesuai dengan bidang keahlian, serta
  • Mempunyai kemampuan lain yang relevan, misalnya fotografi, vidiografi.

“ Katanya, orang pintar kalah sama orang BERUNTUNG, tapi bagaimana kita bisa beruntung kalau kita tidak PINTAR menarik keberuntungan?”

Webinar KP dan keprofesian mendapatkan antusias tinggi dari para peserta, khususnya angkatan 19 yang semester ini menempuh SKS KP. Hal ini terlihat dari banyaknya partisipant yang hadir dan bertanya dalam sesi diskusi. Pada akhir webinar terdapat acara yang ditunggu-tunggu yaitu kuis berhadiah. Pemenang kuis ini diraih oleh Mas Habib Nur Falani.“Tentunya seru ya, karena dikonsep sedemikian rupa dan membuat peserta webinar nggak bosan sama acaranya. Terlebih dari pemateri juga asik diajak diskusi dan di akhir acara ada quiz sebagai cara mengetahui pemahaman peserta webinar mengenai acaranya,” kata Mas Habib menyampaikan kesan saat mengikuti webinar ini.

Pewarta: Diajeng A.K. (Mahasiswa Teknik Pertambangan angkatan 2020)

Posted on: April 21, 2022, by :